(Cerita Mistis Aneh) Mimpi Para Tukang Becak dan Mayat RS Panti Rapih Yogyakarta

Cerita mistis aneh ini datang dari mulut ke mulut para penjaja transportasi becak di Yogyakarta. Cerita ini santer terdengar. Bahkan jauh sebelum mudahnya akses transportasi dan berkembangnya fasilitas publik. Cerita ini tak banyak yang tahu. Terlebih setelah maraknya fitur online yang mengisi praktisnya hiruk pikuk kebutuhan transportasi seperti uber, gojek dan lainnya di zaman modern ini. Transportasi yang ada di Yogyakarta di era pertengahan 90an masih menggunakan pedati maupun becak. Tentu banyak sekali cerita mistis seram seputar pengalaman mereka para tukang becak di kota pelajar ini. Namun, ada satu kisah pengalaman berupa cerita mistis aneh yang cukup unik. Yakni cerita mimpi aneh para tukang becak dan mayat dari RS Panti Rapih.

Konon becak dulu digunakan sebagai transportasi alternatif untuk mengangkut jenazah

Dulu sekali, kita belum memiliki banyak akses untuk prosesi pemakaman yang mengantarkan jenazah menuju kediaman. Yang ada hanyalah ambulan resmi dari Rumah Sakit. Di era itu belum ada yang namanya ambulan gratis yang disediakan dari dinas sosial maupun organisasi kemanusiaan independen. Disisi lain biaya pengangkutan jenazah menggunakan mobil ambulance dinilai cukup mahal. Tentu saja hal ini cukup memberatkan, terlebih untuk mereka yang berada dalam status sosial menengah kebawah. Oleh karenanya banyak sekali orang yang kemudian menggunakan jasa transport lain untuk mengantarkan jenazah kembali ke kediaman untuk dilakukan prosesi pemakaman. Salah satunya yang menjadi pilihan adalah becak.

penarik becak dengan cerita mistis aneh di seputaran Rumah sakit panti rapih yogyakarta

Sobat hantupedia bisa bayangkan kan? gimana seramnya dan mistisnya perasaan tukang becak waktu itu. Banyak yang mengangkut mayat-mayat dari rumah sakit untuk diantar kerumah mereka. Cerita mistis ini terjadi pada tukang becak di beberapa rumah sakit di Yogyakarta. Salah satu rumah Sakit yang sering mengalami hal tersebut adalah Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta yang letaknya berseberangan dengan kampus UGM. Menurut penuturan beberapa sumber yang tim hantupedia temua. Sering kali tukang becak yang ngetem di area tersebut mendapatkan pelanggan yang merupakan seorang jenazah.

Mimpi aneh para tukang becak dan mayat dari Panti Rapih

Konon menurut cerita dari para penjaja transportasi becak di Yogyakarta. Ada semacam mimpi aneh yang menjadi “pertanda” bahwa dirinya akan mendapatkan kustomer jenazah di hari esok. Biasanya di malam sebelum tukang becak tersebut mengantar jenazah dari RS Panti Rapih, tukang becak tersebut akan bermimpi bertemu dengan seseorang keturunan Tiongkok. Dalam mimpinya tersebut, orang tersebut memiliki aroma anyir dan bau wewangian khas budaya China. Faktanya pun, memang banyak dari para jenazah yang diangkut oleh tukang becak di area panti Rapih merupakan jenazah dari keluarga keturunan Tiongkok.

pengalaman seram tukang becak mengantarkan jenazah ke rumah dan didatangi arwah mayat yang diantarnya

Hal ini menjadi semacam mitos dan cerita mistis aneh yang dipercaya oleh para tukang becak di seputaran RS Panti Rapih Yogyakarta. Dan sudah menyebar dari mulut ke mulut hingga mendarah daging diantara para tukang becak disana. Bahkan tak jarang pula, kejadian mistis masih berlanjut di malam selanjutnya. Ada beberapa kasus dimana arwah jenazah yang diantar oleh mereka akan menemui mereka di malam harinya. Mereka mendatangi para tukang becak tersebut bukan dengan maksud menakut-nakuti, melainkan untuk berterima kasih kepada mereka karena telah berbaik hati mengantarkan mereka.

dulu hal itu sudah biasa mas… kalau disewa orang buat nganter jenazah biasanya salah satu anggota keluarganya akan memangku mayatnya sembari duduk di bangku becak. Kadang juga malam-malam sehabis pulang narik, beberapa dari kita yang siangnya nganter jenazah kedatangan “tamu” yang ternyata adalah jenazah tersebut – ungkap Pardi, seorang penarik becak yang merupakan salah satu sumber tim hantupedia