Cerita Misteri: Pertemuanku dengan Noni dalam Pendakian di Bawakaraeng

Pagi mulai menjelang, sinar-sinar kecil mulai merebak diantara liuk dedaunan pohon yang tumbuh jarang di daerah kaki gunung Bawakaraeng ini. Awan-awan seputih kapas mulai tergambar samar dilangit gelap ketika rembulan sudah pudar diantara distorsi munculnya sang mentari. Sepintas bisa kulihat sentuhan embun diantara luas ladang wortel yang terhampar. Satu demi satu pencahayaan dari satu rumah dan rumah lain mulai dipadamkan.

suasana pagi setelah hiking di gunung bawakaraeng

Aku bersyukur akan hadirnya pagi ini. Mengingat begitu pekatnya malam sedari tadi yang telah usai kujalani. Pertemuan itu pasti selamanya takkan kulupakan. Kubiarkan deret layu rambut-rambut kecil tergelepar ditiup sendi-sendi angin fajar mengingat kerling semangat wanita itu yang entah kenapa bisa tetap membuatku bertahan untuk menyusuri jalan menurun setelah berlaga dalam pendakian gunung Bawakaraeng ini.

“Silakan mas diminum dan dinikmati hidangannya” – ucap pemilik rumah yang kusinggahi waktu itu mengejutkanku. Bapak yang memiliki badan cukup tegap itu meletakkan nampan yang diatasnya tersaji dua gelas kopi hangat dan beberapa cemilan.

Aku tersenyum mengisyaratkan rasa terima kasih. Bapak itu menawarkan padaku untuk beristirahat dirumahnya barang sebentar lagi sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke kota Makassar. Aku menolaknya dengan halus. Kami berbincang tentang banyak hal pagi itu. Tentang pekerjaan dan kehidupan, membuat pagi itu terasa istimewa. Hingga sampailah ketika aku menceritakan pertemuanku dengan wanita itu.

Sejenak percakapan kita terhenti. Bapak itu terdiam dengan ekspresi biasa. Tak tampak satu kekaguman apapun diwajahnya. Kemudian dia bertanya kepadaku “Apakah mas bertanya siapa namanya?” – ucap bapak itu.

“Iya, dia mengatakan bahwa orang-orang memanggilnya Noni” – jawabku dengan tegas

Bapak itu kemudian tersenyum. Senyum yang menyiratkan kewajaran. Senyum yang biasa diperlihatkan para pendongeng kepada mereka yang ingin mendengarkan kisahnya. Senyum penuh rahasia.