Cerita Misteri Nyata: Edward Samsom dan Erupsi Gunung Krakatau 1883

Cerita misteri nyata – Indonesia adalah negara kaya yang memiliki letak strategis di dunia ini. Banyak orang menyebut Indonesia sebagai surga. Karena tanahnya yang subur dan keadaan alam yang selalu berhasil menenangkan hati. Namun, keindahan itu tidak datang tanpa suatu resiko. Indonesia sendiri adalah negara yang tercatat memiliki kumpulan gunung vulkanik yang aktif terbanyak di dunia.

Dari banyaknya gunung berapi aktif itulah kemudian ada banyak sekali cerita legenda yang terdengar turun-temurun dalam masyarakatnya. Satu peristiwa besar di Indonesia yang berhubungan dengan gunung berapi dan berhasil menggemparkan dunia adalah erupsi gunung krakatau di tahun 1883.

misteri-gunung-krakatau

Neraka di Selat Sunda

Tercatat dalam sejarah, (27 Agustus) dipagi hari ketika penduduk di sekitar selat sunda sedang aktif dalam aktifitas mereka. Geliat dan getaran tanah seakan memberikan isyarat tanda bahwa suatu hal menyeramkan akan terjadi. Sekitar pukul 10 pagi, gunung krakatau kemudian meletus dengan dahsyatnya. Murka sang gunung raksasa ini bergaung hingga hampir 5000 kilometer jauhnya. Orang-orang dalam radius hingga 10 kilometer mendadak menjadi tuli dalam suasana mencekam. Mereka berteriak, namun tiada seorangpun yang mendengar mereka.

Mungkin kata “meletus” bukanlah satu diksi yang cukup pantas untuk ditetapkan disini. Karena pada dasarnya gunung krakatau tidak hanya sekedar meletus, namun menghancurkan diri hingga berkeping-keping. Tercatat resmi bahwa korban sebanyak 35 ribu. Namun, dalam sejumlah laporan lain mengatakan bahwa korban lebih dari 130 ribu orang. Dalam beberapa buku dicatat bahwa setelah kejadian itu, sepanjang pantai timur Samudera Hindia dipenuhi ratusan kerangka manusia yang mengambang sepanjang tahun.

Sejarah kelam bencana besar Krakatau ini kemudian dicanangkan sebagai suara ledakan paling keras di dunia dalam buku The Guiness Book of Records. Peristiwa mengerikan itu menyisakan sayatan luka dalam bagi Nusantara yang saat itu masih dikuasai pemerintahan kolonial. Dari kisah legendaris itulah, kemudian banyak sekali cerita misteri nyata yang kemudian tersebar dari mulut kemulut. Baik cerita mistis maupun kisah yang tidak bisa dinalar akal sehat. Salah satu yang terkenal adalah kisah Edward Samsom.

Edward Samsom, Jurnalis yang bermimpi tentang bencana gunung krakatau

Seharian sudah Edward Samsom tidak bisa menemukan satu berita menarik untuk dimuat dalam koran Boston Globe, tempat ia bekerja sebagai reporter. Edward kemudian memutuskan untuk begadang dikantor sembari menolak ajakan koleganya untuk nongkrong di bar. “aku ingin membuat berita headline yang bagus untuk edisi besok” – kata Edward Samsom

Malam mulai larut, Edward semakin frustasi menunggu kabar masuk dari telegram kantor. Dia ingin berita yang besar, namun yang masuk via telegram hanya berita-berita lokal yang biasa-biasa saja. Dalam penantiannya itu, Edward pun kemudian tanpa sengaja tertidur. Beberapa saat kemudian dirinya terbangun dengan keringat disekujur tubuh dan badan yang gemetaran tiada henti.

Ternyata Edward mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk tentang sebuah bencana meledaknya gunung vulkanik yang meluluh lantakkan pulau kecil di Samudera Hindia. Dalam mimpi tersebut Edward seolah berada ditengah-tengah kekacauan tersebut. Terlihat beberapa penduduk terjebak diantara sungai magma dan lautan yang mendidih. Ombak-ombak berkecamuk tinggi hingga 50 meter, menenggelamkan kapal-kapal besar yang berlabuh. Edward terbangun dari mimpinya setelah melihat bahwa pulau itu hancur hingga hanya tersisa kobaran api.

Mimpi yang menjadi kenyataan

Setelah terbangun dari mimpinya, Edward mendekati mesin ketiknya dan menuliskan peristiwa itu dengan sangat detail. Setelah menyelesaikan itu, dia tidak sengaja meninggalkan kertas tulisannya di atas mesin ketik. Bagian editor Edward kemudian menemukannya dipagi hari dan memutuskan untuk menjadikannya berita utama di kolom koran mereka.

Kaget bukan main, Edward yang melihat tulisan yang terinspirasi dari mimpinya tadi malam menjadi berita utama koran hari itu. Dia berlari menemui atasan dan menjelaskan bahwa tulisan itu hanyalah kisah fiksi yang dia dapatkan dari sebuah mimpi seramnya tadi malam. Namun sudah terlambat, karena koran sudah diedarkan secara luas dan Edward pun kemudian dipecat dari pekerjaannya.

cerita misteri nyata-ledakan-gunung-krakatau-1883

Pimpinan Boston Globe kemudian berinisiasi untuk menarik koran yang beredar tersebut dan meminta maaf kepada pembaca. Namun sebelum hal itu dilakukan, telegram di kantor Boston Globe kemudian berdering terus menerus, mengabarkan sebuah kabar mencengangkan dari Samudera Hindia. Dan berita itu sama persis dengan mimpi yang dituangkan oleh Edward Samsom dalam tulisannya.

Dalam jarak puluhan mil, Reporter Boston Globe Edward, Samsom ”melihat” meledaknya Gunung Krakatau. Tidak melewati siaran televisi, atau media lainnya, karena peristiwa itu terjadi pada tahun 1883. Dia melihat peristiwa tersebut melalui mimpi, ya! Mimpi.

Hal ini menjadi sebuah cerita misteri nyata yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Apakah memang Edward mendapatkan sebuah “pandangan” tentang peristiwa itu untuk memberi peringatan tentang hal itu? Apakah itu fenomena de ja vu atau yang lainnya? – misteri belum terpecahkan sampai sekarang.

Di dunia ini memang ada banyak sekali hal yang tidak bisa dijelaskan dengan logika manusia. Hal-hal tak kasat mata maupun klenik contohnya. Mau menjadi skeptis atau tidak, itu terserah anda. Yang pasti keberadaan mereka diantara kita adalah suatu hal yang menjadi satu bukti kebesaran-Nya. Dia-lah yang memegang takdir dan mengunci misteri hidup manusia dalam kotak-Nya. Kematian, bencana, dan banyak hal tak terduga yang kita tidak memiliki kuasa untuk memprediksinya. Ya, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa.