Cerita Misteri Legenda Bus Hantu (Fanatik Om Telolet Om Harus Baca!)

Cerita misteri – Indonesia kali ini sedang booming dengan istilah om tolelot om. Istilah ini berasal dari ngetrennya anak-anak dan para remaja merekam bus yang ada dijalan raya sambil meminta supirnya membunyikan klakson dengan bunyi “tolelot”. Tren ini memunculkan banyak pendapat dari khalayak ramai. Ada mereka yang berkomentar kelakuan anak muda ini tidak bermanfaat dan bahkan berbahaya. Bahaya dari fenomena tolelot ini adalah karena kegiatan ini agak mengganggu lajur lalu lintas, yang dikhawatirkan adalah bisa saja terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan karena kegiatan om telolet om ini.

Bahkan Budi Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengatakan bahwa kegiatan ini adalah hal menyenangkan yang membahayakan jiwa. Badan Perhubungan menghimbau untuk para supir bus agar tidak membunyikan klakson tolelot sebagai bentuk kesenangan/pertunjukkan karena mengikuti tren.

Operator bus seharusnya tidak bersikap egois dengan membunyikan klakson telolet tanpa mengindahkan keselamatan masyarakat – tukas Budi

Nah, berbicara perihal bus dan tren Om Tolelot Om, ada banyak cerita misteri dan urban legend dijalanan. Salah satu yang paling dikenal oleh masyarakat adalah legenda bus hantu. Banyak kisah terkait bus hantu yang sering dibicarakan. Salah satu yang pernah tim Hantupedia ulas adalah cerita rintihan korban kecelakaan bus di Ngawi (disini). Tim Hantupedia telah menemukan beberapa referensi detail serta pengalaman misteri seputar bus hantu dari beberapa sumber. Simak detailnya deh:

cerita misteri-bus-hantu

Ciri-ciri anda telah menaiki bus hantu

Sahabat Hantupedia tak perlu khawatir tentang bus hantu. Yang perlu anda lakukan hanya memperhatikan beberapa ciri-ciri berikut ini saja kok. Bila Ternyata bus yang anda tumpangi memiliki ciri-ciri tersebut, banyak berdoa dan sebisa mungkin segeralah turun untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

(1) Suasana di dalam bus terlihat sangat sunyi

Menurut penuturan beberapa narasumber yang pernah mengaku pernah tidak sengaja menaiki bus hantu. Ciri pertama yang signifikan adalah suasana di dalam bus yang terlihat tidak biasa dan sunyi. Sunyi yang dirasakan didalam bus hantu itu adalah suasana sunyi yang terlampau sunyi. Kebanyakan cerita yang santer didengar dari pengalaman menaiki bus hantu adalah suasana di dalam bus sangatlah sunyi seolah tidak ada tanda-tanda aktifitas apapun walaupun bus tersebut sudah penuh penumpang.

(2) Karcis yang diberikan kondektur  sudah kadaluarsa

Ada sih memang cerita misteri bahwa ketika kita naik bus hantu, kondektur tidak memberikan kita karcis. Namun banyak pula yang menuturkan bahwa kondektur bus hantu yang ditumpangi itu memberikan karcis kepada penumpang. Ketika dicek kembali, tulisan yang tertera di karcis tersebut sudah kadaluarsa, alias lewat tanggal/tahun berlakunya. Seperti kisah narasumber dari Surabaya (yang tidak mau disebutkan namanya) yang mendapati karcis bus yang dinaikinya memiliki masa berlaku tahun 1967. Serem!

(3) Para penumpangnya memiliki perawakan dan bau yang aneh

Beberapa narasumber juga menuturkan bahwa penumpang-penumpang bus hantu biasanya memiliki perawakan yang aneh. Penumpang-penumpang itu memiliki ekspresi datar dan tidak bersuara sama sekali. Dalam versi pengalaman ibu Winarsih (Banyuwangi), malahan penumpang bus yang dia naiki semuanya memakai baju warna putih dan ditutupi wajahnya dengan kain putih. Dalam beberapa versi juga menambahkan bahwa penumpang-penumpang bus hantu itu memiliki bau khas, seperti bau melati, bunga kemuning atau yang lebih parah malah bau anyir mayat.

(4) Kamu merasa ngantuk berat setelah naik bus ini, padahal kamu tidak terlalu capek

Bus hantu terkenal dengan desas-desusnya yang bisa mengantarkan penumpangnya ketempat tujuan hanya dalam waktu singkat. Indikasinya adalah penumpang bus ini akan merasa sangat mengantuk dan akan segera terlelap setelah duduk. Namun tidak lama kemudian, akan segera dibangunkan karena sudah sampai pada tujuan.

Pernah ada cerita pengalaman misteri dari seorang ibu yang naik bus jurusan Surabaya-Banyuwangi yang kaget setelah melihat jam tangannya karena ternyata waktu yang ditempuhnya ketika menaiki bus itu hanya sekitar 5 menit saja.

Tips agar terhindar dari naik bus hantu?

Dari beberapa kisah bus hantu yang telah diceritakan oleh banyak narasumber tersebut. Ada beberapa tips untuk anda agar terhindar dari pengalaman mistis menaiki bus hantu. Setidaknya ada 3 tips yang bisa diikuti: (1) Usahakan untuk tidak menaiki bus diwaktu malam yang sudah larut (diatas tengah malam), (2) Kalaupun terpaksa untuk melakukannya, maka usahakan anda ditemani oleh seseorang, dan (3) jangan menunggu bus di pinggir jalan, tetapi datanglah ke terminal bus langsung.

Nah, itulah segelintir cerita misteri dan kisah mistis bus hantu yang cukup membuat kita bergidik dibuatnya. Terkait dengan fenomena om telolet om yang sedang booming ini, kami himbau agar bisa menjaga diri sendiri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalaupun mau Telolet dimalam hari, hati-hati ya, salah-salah yang bunyiin klakson bus hantu! Kan berabe nantinya! – Semoga kita selalu dalam lindunganNya.

  • J.J

    yang benar aja mas heheheehe…..???
    D5C1B22A