Misteri di Balik imlek –  Jajaran lampu lampion tampak menyala dengan terang terhuyun-huyun oleh tiupan angin sepoi malam ini. Tim hantupedia yang sedang asyik menikmati riuh suasana festival perayaan tahun Baru Cina memandang jauh pada lautan manusia dari segala usia. Mereka ikut menyaksikannya. Kami duduk bersama seorang pengusaha tua keturunan Tiongkok. Sebut saja koh Ping Ahn, teman ayah dari salah satu tim. Sembari menyeduh teh yang masih mengepul, dia bertanya kepada kami: Apakah kalian tahu tentang  cerita hantu Nian ? – Kami menggeleng.

perayaan tahun baru china atau imlek sebenarnya punya cerita mistis legenda lho

Asal usul perayaan imlek dan cerita hantu nian?

Dengan lintingan tembakau yang terhimpit di kedua jari dan kemudian menyulutnya. Koh Ping Ahn memulai kisah mistis nya tentang cerita hantu nian. Dan usut punya usut kisah hantu ini terkait erat dengan perayaan tahun baru cina yang selalu dilakukan dengan meriah dan ramai.

Hantu nian sang pemakan manusia

Menurut legenda cina. Dahulu sekali rakyat cina hidup dalam ketakutan. Karena ada sesosok makhluk astral berwujud monster yang sering datang ke desa-desa untuk memangsa seseorang. Monster itu selalu datang pada saat pergantian tahun. Hal ini tentu menciptakan teror dan rasa takut pada orang-orang cina saat itu. Karena cerita Hantu nian inilah, setiap datang pergantian tahun orang-orang menutup pintu rapat-rapat dan menyembunyikan diri dari hantu monster ini.

hantu nian yang berwujud monster sering mengganggu penduduk kala pergantian tahun dengan kisah misteri seramnya

Hingga akhirnya suatu ketika. Seorang orang tua bijak menyarankan sebuah gagasan kepada seluruh desa-desa yang diteror oleh cerita hantu nian ini setiap tahun. Dia mengatakan bukankah lebih baik bila mereka bisa bersatu untuk melawan dan mengusir hantu nian ini untuk selama-lamanya daripada selalu bersembunyi ketakutan?

Alat Musik keras dan petasan untuk mengusir hantu nian

Dari sinilah misteri dibalik imlek (Tahun baru Cina) yang seram mulai tergantikan hingga seperti sekarang. Dengan warga desa yang sepakat akan gagasan tersebut. Mereka kemudian mempersiapkan banyak hal untuk melawan rasa takut pada penampakan monster cerita hantu nian tersebut. Penduduk desa menimbun petasan dan banyak alat musik yang mengeluarkan suara keras (genderang, simbal dan lainnya).

perayaan imlek tahun baru cina selalu dilakukan dengan meriah dengan barongsai petasan dan alunan musik untuk mengusir hantu nian yang beringas

Penduduk desa satu dengan lainnya sepakat untuk menyalakan petasan dan memainkan alat musik itu untuk mengusir monster itu ketika datang ke desa mereka. Dan benar saja, ketika hantu monster nian ini datang ke desa pertama, penduduk melangsungkan aksinya dengan membakar petasan dan memainkan alat musik itu. Hantu nian pun terkejut dan lari tunggang langgang keluar desa. Hal yang sama terjadi di desa selanjutnya dan selanjutnya yang didatangi hantu ini secara bergantian.

Hantu Nian berhasil di takhlukkan oleh penduduk desa

Karena selalu berlari dari satu desa ke desa lainnya. Hantu nian yang berwujud monster mengerikan ini akhirnya kelelahan. Warga desa yang mengetahui ini tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mereka kemudian menangkapnya dan membunuhnya bersama-sama karena telah menebar teror dengan memangsa orang di desa setiap tahunnya. Misteri dibalik Imlek tentang seramnya hantu nian yang dikalahkan dengan suara keras dan bunyi petasan inilah yang kemudian secara turun temurun dilakukan dalam kebudayaan China.

perayaan imlek meriah turun temurun dilakukan setelah masyarakat cina mengalahkan hantu nian yang menyeramkan

kegiatan penduduk desa untuk menakhlukkan hantu nian inilah yang ditengarai sebagai perayaan pertama tahun baru imlek. Faktanya bahkan nama hantu “Nian” itu sendiri diartikan dalam bahasa Mandarin sebagai “Tahun”.

***

Nah, itulah sekelumit cerita misteri dibalik imlek (Tahun Baru Cina) yang ternyata berasal dari cerita hantu nian yang menyeramkan. Koh Ping Ahn, kemudian berdiri dari tempat duduknya setelah menyelesaikan secangkir teh di hadapannya. Kemudian dia berkata: Ayo kita ikut merayakannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here