Dibalik Bisikan Gaib Pembunuhan Dr Letty (bagian 1)

Akhir-akhir ini banyak peristiwa pembunuhan dengan modus karena bisikan gaib. Seperti yang baru-baru ini terjadi seorang dr Helmi membunuh istrinya, dr Letty yang sedang praktek di tempat salah satu kilinik di Jakarta. Secara nalar, seorang dokter tahu betul yang terjadi dengan dirinya. Hanya saja, seorang dokter tetaplah manusia biasa.

Bisikan gaib01

Memang tidak masuk akal, tapi mungkin dunia juga sudah mulai gila. Masalahnya, dunia sudah gila sejak dulu, jadi hal ini tidak bisa dijadikan alasan lagi. Kalau begitu mari kita telaah satu persatu dari berbagai sisi gaib dan sains.

Dalam Sains

Dalam ilmu kedokteran psikologi, bisikan gaib ini disebut sebagai schizophrenia. Penyakit ini adalah penyakit mental yang mempengaruhi cara penderita berfikir, merasakan dan  berperilaku layaknya halusinasi akut yang menyebabkan seseorang merasa mendengar bisikan-bisikan gaib yang sebenarnya tidak ada.  Penyakit ini dipicu karena adanya kelainan dalam otak penderita.

Mungkin sudah banyak pakar yang membahas hal ini, oleh karena itu, hanya untuk sobat hantupedia, kami bersedia mengulas sedikit hal tersebut dari sisi spiritual religius.

Spiritual warfare

Di film kartun, kita sering melihat bagaimana seorang malaikat dengan sayapnya membisikkan hal-hal baik sedangkan seorang setan dengan harpun dan tanduk apinya membisikan kejahatan, adegan ini sering dikenal sebagai spiritual warfare. Dimana kejahatan melawan kebaikan dalam jiwa kita. Bisikan ini bisa datang lewat mimpi, lewat lamunan ataupun seperti kasus schizophrenia, datang lewat bisikan imajiner.

Dalam agama, agama apapun, memang dijelaskan bahwa setan akan selalu menggoda manusia untuk bertindak sesuai dengan kemauan mereka. Setan ini akan berusaha membuat kita melakukan banyak hal buruk seperti melanggar perintah Tuhan, aturan agama maupun norma masyarakat, seperti mo limo, yaitu mandat/narkoba, mendem/mabuk, maling/mencuri, madon/main perempuan, dan mateni/membunuh.

Khanzab dan Qorin pemberi bisikan gaib

Dalam salah satu agama langit, agama Islam, ada satu setan yang dikenal sebagai pembisik keraguan kepada manusia. Ia suka membisikan hal-hal yang mengganggu doa serta ibadah hinggaterbesitlah rasa ragu disetiap niat baik manusia. Mungkin dia pulalah penyebab banyak orang yang punya maksud baik dan perencanaan yang baik namun tidak berhasil merealisasikan idenya.

Selain sebagai penghembus rasa ragu, ia juga dibantu oleh setan Qorin yang membisikan perintah untuk melakukan hal-hal buruk. Ide itu dikemas dengan logika yang seakan bagus dan didukung oleh rasa negatif lain seperti, dendam, iri, dengki, marah dan rasa negatif lainnya, seakan-akan ide  itu berasal dari hatinya. Setan ini  penghalang antar manusia dan doa itu bernama Khanzab. Qorin dan Khanzab, inilah makhluk yang menghalangi antara manusia dan akal sehatnya.

Cara kerja Khanzab dan Qorin

Dalam miracle healing disebutkan setiap pikiran dan otak manusia membutuhkan istirahat setelah seharian, atau beberapa jam produktif, mengeluarkan gelombang Beta. Untuk menetralisir kembali, diperlukan fase istirahat dengan gelombang alpha. Salah satunya adalah dengan berdoa dan beribadah.

Makhluk Khanzab ini membuat manusia mengalami rasa tertekan, rasa ragu, tidak percaya, marah serta takut. Mungkin karena lelah sehingga mudah menerima rasa negatif tersebut.

Tapi tidak hanya sampai sana. Setalah ragu giliran  setan Qorin yang menambahkan ide-ide buruk yang dikenal sebagai bisikan setan.

Bisikan ini diterima mentah sebagai sesuatu yang layak dan pantas dilakukan walaupun secara norma dan sopan santun serta akal sehat tidak dibenarkan. Dari sanalah muncul cara berpikir psikosis.

(Bersambung ke bagian 2)