Pernikahan seharusnya menjadi moment yang paling memberikan kebahagiaan. Baik itu untuk para mempelai maupun keluarga dari kedua belah pihak. Tapi gimana jadinya kalau ternyata pernikahan yang dilangsungkan memiliki kesan kisah misteri dan mistis? – Kebanyakan dari sobat hantupedia mungkin berkata tidak. Tetapi ternyata memang ada lho prosesi pernikahan yang berbalut cerita misteri nan menyeramkan. Upacara pernikahan tersebut merupakan tradisi pernikahan hantu di dataran China.

selain pernikahan tradisional china dengan dominan warna merah ada juga kisah misteri pernikahan hantu yang juga jadi tradisi China

Mengenal tradisi pernikahan hantu di China

Sebetulnya tidak adil bila kita mengatakan bahwa tradisi mistis ini berasal dari dataran China. Karena faktanya beberapa negara di timur tengah maupun Eropa juga memiliki semacam ritual yang sama. Namun bisa dikatakan prosesi pernikahan hantu di China merupakan tradisi yang sudah sangat tua dibandingkan dengan negara-negara lain. Tidak seperti misalnya praktik serupa di Perancis atau Sudan yang telah ada sejak tahun 1959. Di China, adat ini sudah dilakukan bahkan lebih lama dari itu.

mengenal tradisi pernikahan hantu di china yang telah dilakukan secara turun temurun meski santer dengan cerita mistis di dalamnya

Tradisi pernikahan hantu ini sama seperti layaknya acara perkawinan pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah mempelainya. Dalam pernikahan hantu, biasanya ada dua kemungkinan. Yakni salah satu dari dua pasangan telah meninggal atau bisa juga keduanya.

Alasan dibalik pernikahan hantu di China?

Mungkin beberapa dari sobat hantupedia disini akan bertanya-tanya. Sebenarnya maksudnya apa sih di adakan pernikahan hantu ini? Faedahnya apa dan kenapa harus dilakukan oleh banyak orang-orang di China sana? – Jawaban dari pertanyaan tersebut kira-kira ada empat:

  1. Perkawinan dari pasangan yang bertunangan dimana salah satunya meninggal sebelum acara pernikahan yang sah dilaksanakan.
  2. Untuk menyambung alur patrinial seorang anak perempuan
  3. Mempertahankan garis keturunan keluarga yang ditinggal mati
  4. Syarat sebelum diberlangsungkannya pernikahan adik laki-laki (dimana kakak laki-lakinya sudah meninggal)

ada alasan pernikahan hantu yang dilakukan dalam kebudayaan china dengan segudang cerita mistis yang menyelimutinya

Garis keturunan adalah penting dalam adat China

Dalam budaya China, menjaga marga dan garis keturunan adalah suatu tanggung jawab penting yang harus selalu diemban setiap keluarga. Mereka tidak boleh membiarkan keturunannya terputus begitu saja. Mungkin hal inilah yang menyebabkan kenapa orang cina merupakan ras terbanyak yang mendiami bumi ini! Oleh karena itulah upacara tradisi pernikahan hantu ini bisa dilakukan.

Pantangan menikah sebelum kakak 

Budaya ini mungkin masih berlaku juga sih di beberapa daerah di Indonesia seperti jawa dan sunda. Dimana ada kepercayaan bahwa anak yang lebih muda tidak boleh “melangkahi” saudaranya yang lebih tua dalam hal pernikahan. Bila hal itu dilakukan, maka kemelut dan kesialan akan menimpa mereka. Ternyata di dataran China, budaya semacam ini juga berlaku. Dan ini berkaitan dengan prosesi ritual perkawinan hantu ini (point 4 alasan tradisi ini).

ghost marriage atau pernikahan hantu yang merupakan tradisi masyarakat China dengan kisah mistis untuk mempertahankan keturunan

Di China, seorang lelaki yang saudara tertuanya telah meninggal dalam keadaan belum menikah. Maka dirinya dianjurkan untuk melakukan proses tradisi pernikahan hantu ini sebelum acara resepsi dilaksanakan. Hal ini dilakukan untuk meredam kemarahan dari arwah saudara tertuanya yang telah meninggal tanpa sempat menikah. Orang Cina percaya bahwa hal ini penting, agar roh sang kakak tidak mengganggu keluarga adiknya.

Arwah gentayangan tidak tenang karena minta kawin??

budaya pengantin hantu dalam pernikahan hantu china yang kental dengan klenik dan cerita seram penuh misteriBeberapa kasus terjadi yang melatar-belakangi terjadinya ritual perkawinan hantu ini adalah kerena arwah penasaran almarhum yang menghantui. Konon ada keluarga yang ditinggal mati oleh anak lelakinya. Namun, penampakan hantu anak lelakinya itu selalu muncul di dalam mimpinya setiap malam. Dalam mimpi tersebut dia terlihat sedih dan ketika ditanya, dia menjawab kalau dia ingin menikah.

Keluarga tersebut kemudian akhirnya memberlangsungkan ritual perkawinan hantu ini dalam rangka agar arwah anaknya yang sudah meninggal itu tidak selalu menghantui dalam mimpi. Dan agar dirinya bisa tenang di alam baka. Ngeriii dah!

Tradisi Pernikahan hantu dalam budaya populer

Tentu dalam budaya populer nan modern. Hal klenik yang berbalut cerita hantu misteri seperti ini sudah sangat jarang dipercaya kebenarannya. Bahkan adat ini oleh sebagian orang disalah-gunakan sebagai “dalih” untuk hidup membujang atau agar tetap single. (Kalian tahu sendiri kan gimana seremnya pertanyaan “Kapan nikah?” itu). Para feminist yang menolak pernikahan kemudian memanfaatkan ini untuk mengatasi pernikahan. Di China, banyak wanita melakukan prosesi perkawinan hantu ini untuk menghindari cibiran orang karena tetap melajang.

film dan budaya pop beserta penggambaran pada fenomena mistis pernikahan hantu yang sarat dengan hal klenik dan cerita misteri

Perkawinan hantu dalam film dan novel?

Dari penelisikan tim hantupedia tentang budaya ini dalam pendekatan film hantu dan karya sastra. Ternyata lumayan banyak juga lho, yang menyisipkan hal ini dalam jalan ceritanya. Sebut saja Novel peony in Love, TV Seri Without A Trace, KDrama The Master’s Sun dan masih banyak lagi lainnya.

***

Kira-kira itu sih sedikit ulasan kami tentang kisah misteri dari tradisi pernikahan hantu di China. Sobat hantupedia bisa lho share komentar tentang pendapatnya soal hal ini atau malah pernah melalui prosesi ini sendiri di kolom komentar. Yang penting bagi kaum jomblo jangan pake ini sebagai jalan terakhir untuk mengakhiri masa-masa kesendiriannya deh. hahaha … Salam sereeem!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here