Alas Roban: Hutan Angker Ditengah Pulau Jawa

Jika anda melewati jalur pantura maka pastinya sudah tidak asing dengan Alas Roban. Kata roban sendiri berasal dari kata “rob” yang berati air yang naik. Sekarang kampung roban berada di sebuah kecamatan yang bernama subah. Dahulu kala roban juga disebut dengan nama roban siluman, itu karena dipercayai jika penduduk roban adalah orang sakti dan bisa berubah menjadi buaya. Jika anda melihat sejarah pastinya anda akan mengerti jika alas roban adalah tempat yang penuh misteri. Banyak sekali siluman, iblis dan juga garong yang ada di tempat ini. Karena banyaknya hal yang berbau mistis di tempat ini maka banyak orang yang mengatakan jika alas ini adalah yang paling angker di pulau jawa. Untuk membuktikan keangkerannya kita buktikan dengan uraian berikut ini.

alas

Alas Roban Menjadi Tempat Pembuangan Mayat Petrus

Anda pasti ingat dengan petrus (penembak misterius) dimana banyak pelaku kriminal ditembak mati. Tidak hanya pelaku kriminal, orang yang bertato saja kadang menjadi korban petrus. Mayat dari penembakan tersebut banyak dibuang ke alas roban. Karena banyaknya mayat yang ditemukan orang semakin menganggap tempat ini angker dan penuh misteri. Pada zaman orde baru sangat sering orang menemukan mayat pada pagi hari di hutan ini.

Jalan Alas Roban Yang Kadang Menipu Karena Mahluk Ghaib

Jalan Alas Roban memang berkelok dan cukup menantang. Tetapi anda harus tahu jika banyak orang yang tertipu. Mereka seolah melihat jalan yang ada menjadi lurus. Tidak sedikit orang yang terkecoh dan memacu kendaraan dengan sangat cepat dan berakibat fatal yaitu kecelakaan. Penduduk lokal sekitar Alas Roban sangat menyarankan sebelum masuk daerah tersebut untuk berdoa terlebih dahulu dan jika melewati jalan yang keliatan gelap lebih baik membunyikan klakson. Itu karena ada sesosok mahluk ghaib yang suka membuat jalan menjadi terlihat lurus padahal jalan tersebut berbelok.

Pengakuan Supir Bus Dan Truk Ekspedisi

Pada zaman dahulu bus dan kendaraan kecil tidak berani lewat jalur ini karena sangat gelap dan berbahaya. Umumnya kendaraan tersebut baru mau jalan ketika sudah subuh. Kalaupun terpaksa biasanya harus konvoi minimal 5 kendaraan. Hal tersebut dikarenakan sering sekali ada penampakan di hutan ini. Penampakan tersebut mulai dari kuntilanak, pocong, wewe gombel dll, itu karena hutan ini memang pusat mahluk ghaib dan semua mahluk ghaib ada di hutan ini. Seorang supir bus yang tim hantupedia temui mengemukakan jika pernah suatu malam ada kuntilanak yang tiba tiba duduk disebelahnya.

Pohon Jati Yang Tidak Bisa Di Tebang

Jika anda melewati hutan ini pasti anda akan melihat hutan jati. Pohon jati yang ada di Alas Roban umumnya adalah pohon jati dengan usia sangat tua. Itu karena pohon tersebut ditanam sebelum masa kemerdekaan. Sebuah cerita dari penduduk lokal mengatakan jika ada sebuah pohon jati dengan ukuran besar tidak bisa ditebang. Semua alat pemotong sudah didatangkan tetapi tidak ada satupun yang bisa menebang pohon tersebut. Usut punya usut ternyata pohon tersebut ditungui mahluk ghaib sakti yang tidak mau pindah ke pohon lain. Setelah berdiskusi lama dengan tetua kampung maka diputuskan untuk tidak menebang pohon tersebut.

Suara Rintihan Korban Kecelakaan

Sering sekali terjadi kecelakaan di Alas Roban. Korban yang meningalpun sudah sangat banyak dan tidak salah jika jalur ini menjadi jalur rawan kecelakaan di pulau jawa. Banyak cerita yang menyatakan sering terdengar suara rintihan di pingir jalan Alas Roban. Suara rintihan tersebut dipercaya adalah suara korban kecelakaan yang arwahnya belum tenang.

Sekarang pastinya anda sudah mengerti betapa mistisnya Alas Roban. Maka dari itu jika anda melewati jalur ini lebih baik membaca doa dan membunyikan klakson apabila melewati jalur yang gelap agar mahluk ghaib yang ada di jalan minggir terlebih dahulu.