Cerita Mistis Alas Purwo: Pesugihan Dan Pernikahan Dengan Setan

Tentunya sobat hantupedia sudah pernah sesekali mendengar Alas purwo. Taman wisata yang terkenal akan keindahannya di Banyuwangi Jawa Timur ini sangatlah melegenda. Baik keindahan dan lingkungannya yang asri. Namun di balik keindahan taman wisatanya. Ternyata menyimpan segudang cerita mistis yang pastinya akan membuat sahabat hantupedia ini bergidik ngeri. Alas Purwo yang berlokasi tepatnya di kecamatan Tegaldimo, Kabupaten Banyuwangi ini merupakan tempat wisata yang mana di dalamnya banyak sekali aneka tumbuhan dan satwa liar. Tempat wisata tersebut memang terkenal cukup angker. Banyak beredar kisah seram dari cerita mistis tentang para pencari pasugihan, kejadian yang super aneh hingga adanya cerita tentang pernikahan setan dengan manusia dapat anda temukan di cerita misteri Alas Purwo ini.

cerita mistis di alas purwo Jawa Timur yang terkenal angker

Cerita mistis mencari pesugihan di Alas Purwo

Cerita mistis tidak hanya terkenal di Jawa Timur saja, mitos ini telah mendunia. Salah satu yang terkenal dari sekian banyak cerita misteri di Alas Purwo ini adalah tentang mencari pasugihan di Alas Purwo tersebut. Di alas purwo yang membentang seluas 434 km ternyata terdapat banyak gua di dalamnya. Nah di goa-goa tersebutlah para pendatang bertapa untuk mencari wangsit. Para pendatang itu melakukannya untuk memperoleh kesaktian atau juga mencari pasugihan.

Tempat favorit yang sering dijadikan sebagai tempat untuk mencari pasugihan di dalam alas purwo tersebut adalah Goa Istana. Menurut cerita mistis yang beredar, goa tersebut dijaga oleh banyak makhluk halus yang wujudnya beraneka ragam. Menurut sumber yang pernah ke sana, sosok paling ngeri berwujud raksasa mirip buto ijo. Para pencari pasugihan harus lolos seleksi terlebih dahulu menghadapi buto ijo tersebut. Setelah itu baru kemudian dapat masuk ke dalam goa dan bertapa untuk mencari kekayaan jalan pintas tersebut.

Selain goa istana, tempat lain yang juga sebagai tempat pencari kekayaan adalah mbah Dowo. Mbah Dowo merupakan sebuah makam yang sangat unik karena makam tersebut tidak berisi jasad manusia melainkan isinya berupa tombak kepunyaan Empu Barada. Empu barada itu sendiri merupakan figur yang terkenal dengan kesaktiannya. Uniknya dalam mencari pasugihan di Alas Purwo tersebut para pencari kekayaan tidak perlu menggunakan tumbal sebagai balasannya.

kuburan berisi pusaka di Alas Purwo sebagai tempat pesugihan dan bertapa

Kisah mistik yang sering terjadi di alas purwo

Sobat hantupedia, selain terkenal sebagai tempat pencari pasugihan, Alas Purwo juga terkenal dengan beragam cerita mistik lainnya. Alas Purwo merupakan hutan yang banyak ditumbuhi pohon jati. Nah kalau malam pastinya akan terkesan sepi, gelap dan seram. Banyak sekali di alas purwo ini muncul kejadian yang sangat aneh.

Menurut cerita mistis yang sangat dipercaya ketika malam hari berada di dalam goa, dan melihat langit-langit goa seakan-akan langit-langit goa tersebut adalah langit sungguhan yang sangat cerah seperti di siang hari. Kemudian di alas purwo juga terdapat orang hilang, hal ini berhubungan dengan niat manusia yang memasuki hutan alas purwo tersebut. Apabila orang memasuki kawasan hutan jati alas purwo dengan niat yang baik, maka orang tersebut dapat pulang ke rumah dengan selamat, namun apabila orang tersebut berniat jelek, bisa dipastikan orang tersebut akan menghilang tak tahu rimbanya, tak ada jejak.

Kisah misteri Pernikahan setan di alas purwo

Satu lagi cerita mistis dari alas purwo yang akan membuat anda sobat hantupedia berpikir ulang untuk memasuki kawasan wisata Banyuwangi ini di malam hari. Sampai saat ini masih sering berhembus kabar bahwa makhluk halus penunggu alas purwo ada yang jatuh cinta kepada pengunjung alas purwo. Bahkan mereka sempat menikah dan hidup bersama-sama. Biasanya makhluk halus tersebut akan mengikuti kemana manusia sang pujaan hatinya tersebut pergi.

Apabila ternyata manusianya juga jatuh cinta dengan makhluk halus yang menyamar menjadi wanita cantik atau tampan, maka biasanya manusianya tersebut yang akan berubah menjadi makhluk halus di alas purwo tersebut. Hal ini bahkan pernah dijadikan film horor yang cukup terkenal di tahun 90an lho. Film itu mengkisahkan tentang sundel bolong (diperankan oleh Suzanna) yang menikah dengan seorang pemuda dari kota. Alas purwo ini termasuk dalam list beberapa tempat pesugihan yang dipercaya ampuh serta termasuk satu diantara beberapa hutan di Indonesia yang banyak memakan korban. Ngeri banget deh pokoknya!