Kisah Hantu Longga: Makhluk Tinggi Misterius dari Sulawesi Selatan

0
1017
kisah hantu longga atau anakia yang terkenal adalam banyak cerita misteri dan mitos di Sulawesi beneran bikin merinding

Mitos dari sebuah misteri keberadaan hantu tidak lepas dari kehidupan masyarakat setempat. Karenanya kita tahu banyak sekali makhluk mitologi yang banyak diangkat dalam ragam karya populer. Siapa sangka Indonesia ternyata memiliki buanyaak sekali cerita misteri sosok mitos semacam ini. Salah satunya adalah Kisah hantu longga di yang terdapat di Sulawesi Selatan. Penasaran dengan sepak terjangnya? Simak lebih mendalam!

Cerita Misteri Hantu Longga

Kisah hantu Longga, atau masyarakat di Sulawesi Selatan sering menyebutnya sebagai setan Longga, merupakan salah satu hantu yang paling ditakuti. Hal ini tidak lepas dari postur tubuhnya yang menjulang tinggi, bahkan dapat mencapai setinggi pohon kelapa. Selain itu, masyarakat setempat percaya cerita misteri ini bahwa hantu Longga memiliki bentuk atau rupa yang menakutkan dengan warna hitam di sekujur tubuhnya, seperti sebuah bayangan.

Ciri penampakan hantu longga?

Yang paling terkenal mengenai sosok ini adalah ciri khas yang bisa dilihat dari kakinya. Kebanyakan Masyarakat daerah Pangkep, Sulawesi dan beberapa area Suku Tolaki menyebut hantu ini dengan nama Dongga atau Anakia. Dan dalam penuturan mereka, kebanyakan hanya menjelaskan penggambaran dari kaki hantu ini saja (karena postur hantu ini yang tinggi).

Kaki dari banyak kisah hantu longga ini digambarkan mirip kaki manusia, namun memiliki rona warna kulit yang pucat. Meski demikian ada pula yang menuturkan bahwa kaki dari hantu ini dipenuhi bulu dan penuh dengan kotoran.

Hantu jangkung dari mitos Sulawesi ini seringkali muncul dan menampakkan diri kepada masyarakat setempat pada malam hari, sehingga keberadaannya sulit terlacak. Namun menurut kisah misteri hantu Longga, hantu ini sering muncul di dekat pepohonan yang tinggi seperti hutan atau pun di antara bangunan-bangunan tinggi. Hantu ini tidak hanya dapat dilihat oleh satu orang saja sekali waktu. Beberapa orang sekaligus bahkan pernah menyaksikan sosok dalam cerita hantu yang sangat menakutkan ini.

Ada suatu cerita dimana seseorang sedang bersandar di sebuah pohon di hutan, namun kemudian pohon itu bergerak. Ternyata itu bukanlah sebuah pohon, melainkan kaki dari hantu longga!

Masyarakat setempat percaya bahwa sosok kisah hantu Longga ini sangat jahat sehingga hal ini menjadi alasan mengapa masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah setan. Sosok ini sering menggangu manusia, khususnya bagi mereka yang memiliki kekuatan iman yang lemah. Untuk itulah, masyarakat Makassar maupun Bugis sangat menyarankan untuk memperkuat iman yang dimiliki kepada Tuhan agar tidak diganggu oleh setan Longga ini.

Ketakutan Masyarakat Akan Sosok Hantu Longga

Kawasan Sulawesi Selatan memiliki berbagai sosok mistis dan mitos Sulawesi lain yang ditakuti oleh masyarakat setempat, misalnya saja hantu asu panting atau hantu manusia serigala, hantu cambeu yang hanya memiliki tinggi badan 30 cm namun memiliki rambut panjang melebihi tubuhnya, serta hantu parakang dan hantu poppo yang biasa disebut sebagai makhluk jadi-jadian. Namun, sosok kisah hantu Longga lah yang dianggap masyarakat Makassar dan Bugis paling menakutkan.

Efek samping fatal karena melihat penampakan hantu Longga

Hal ini dikarenakan, bagi seseorang yang ditampakkan sosok kisah hantu Longga ini, dapat dipastikan tubuhnya akan mengalami sakit, seperti panas tubuh meningkat, kerasukan, trauma berkepanjangan, dan dapat menyebabkan kematian. Maka tidak mengherankan, masyarakat di beberapa daerah di Sulawesi Selatan percaya bahwa cerita hantu Longga merupakan perwujudan hantu pencabut nyawa. Jadi, jangan harap sobat hantupedia melihat sosok hantu Longga yang sangat mengerikan ini, atau nyawa menjadi taruhannya

Hantu penculik anak kecil?

Selain itu konon dalam berbagai cerita misteri masyarakat, hantu Longga juga dipercaya sangat suka menculik anak-anak. Hal ini dikarenakan, banyaknya korban yang berjatuhan akibat adanya sosok dari cerita penampakkan hantu Longga merupakan anak-anak. Biasanya, korban akan ditemukan setelah tiga hari menghilang dengan kondisi tubuh yang mengenaskan, baik masih hidup maupun tidak.

Sebenarnya anak kecil yang hilang itu sebenarnya tidak dibawa jauh, melainkan diangkat dalam gendongan hantu dengan badan tinggi ini keatas. Hal inilah yang menyebabkan hilangnya anak kecil yang diculik oleh hantu longga ini sulit untuk di temukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here