Mengulas Phasmofobia (Rasa Takut Hantu yang Berlebihan), Apakah Anda Memilikinya?

0
475

Salah satu fitrah manusia adalah memiliki rasa takut. Namun ketika Fear atau rasa takut itu cenderung berlebihan, maka bisa jadi anda memiliki semacam fobia. Dalam pendekatan aspek Psikologi, ada banyak sekali jenis fobia yang bisa mendiami diri manusia. Salah satu fobia yang cukup “nyambung” dengan artikel cerita hantu yang biasa kami bawakan adalah  Phasmofobia . Apa itu? Phasmofobia adalah jenis fobia pada sosok astral. Singkatnya merupakan rasa takut hantu yang berlebihan. Ternyata rasa gelisah dan takut berlebihan ketika mendengar kata hantu tidak melulu bisa diabaikan saja. Ada penjelasan lebih dalam tentang hal ini.

Phasmofobia atau penyakit fobia dengan rasa takut hantu yang berlebihan dan penuh cerita misteri yang cukup kompleks

Ketakutan pada Hantu yang lebay

Jika sobat hantupedia pernah merasakan gelisah atau takut yang berlebihan ketika mendengar kata hantu, maka hal ini bisa jadi adalah penyakit phasmofobia. Ketika sobat hantupedia merasakan ketakutan yang luar biasa saat melihat bayangan hantu, bahkan gelap, lukisan-lukisan kuno atau menatap pada cermin di waktu tertentu, sobat hantupedia bisa jadi terserang Phasmofobia lho.

Secara terminologis sih, kata Phasmofobia diambil dari bahasa Yunani yakni Phobos yang bermakna rasa takut secara dalam dan Phasmose yang bermakna makhluk supranatural atau makhluk gaib. Bila kedua kata itu digabungkan, maka akan memberi definisi rasa takut mendalam pada sosok hantu atau makhluk supranatural dari dimensi berbeda.

Legenda Penampakan Hantu Nenek Kia dan cerita misteri tentangnya yang sering kasih Pelajaran Tentang Etika pada wanita muda dan itu bikin mereka takut

 Pertanyaan  Lah bukannya banyak orang takut pada hantu yak? Berarti semua punya Rasa takut hantu atau phasmofobia ini dong?

Nggak gitu juga sih. Rasa takut pada hantu memang lumrah dimiliki banyak orang, karena pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan rasa khawatir pada hal yang asing untuk mereka. Termasuk makhluk gaib. Yang membedakan adalah “reaksi berlebihan” yang terjadi pada seseorang-lah yang memberikan label seseorang memiliki Phasmophobia atau tidak.

Kenapa Bisa Begitu?

Salah satu hal yang menjadi penyebab phasmofobia adalah kecemasan antisipatif. Itu adalah kecemasan luar biasa yang dirasakan oleh seseorang akan satu hal yang belum jelas, seperti kematian karena hantu atau kegelapan yang akan mendatangkan hantu. Penyakit fobia seperti ini sangat mengganggu kegiatan sehari-hari lho. Bayangin aja, anda punya kerjaan yang sering kasih jam lembur! Kan tambah mistis jadinya kalo punya Phasmophobia. 

Pengaruh Lingkungan

Phasmofobia semakin kuat dirasakan oleh penderitanya karena pengaruh lingkungan. Beberapa hal yang dianggap sebagai penyebab fobia ini adalah acara televisi atau mitos lingkungan yang berkembang. Jika hal ini terjadi kepada anak sejak ia kecil, ketakutan ini akan selalu tertanam di otak. Pada masa dewasa, kecemasan ini akan meningkat dan berpotensi menjadi fobia.

 FAKTA UNIK  – Di beberapa daerah di Indonesia sendiri banyak lho (setidaknya dulu) orang tua yang menceritakan kisah misteri seram sebagai “trik” kepada anak-anaknya agar mereka tidak keluar malam atau mau makan dengan lahap. Padahal ini bisa memicu Phasmophobia untuk berkembang.

Phasmofobia Mempengaruhi Otak

Phasmofobia sangat mempengaruhi otak penderitanya. Penyebab fobia membawa pengaruh yang sangat buruk bagi perkembangan otak. Penderita cenderung akan mengingat kejadian atau hal-hal yang membuat rasa takut itu semakin kuat. Biasakan untuk tidak menakuti atau menceritakan hal-hal seram kepada anak sejak kecil demi mengurangi penyakit fobia ini.

Gejalanya dan penyebab fobia ini Apa Ya?

Phasmafobia memiliki gejala-gejala yang cukup mudah terlihat. Phobia pada hantu atau hal-hal menakutkan membuat jantung penderita berdebar kencang. Hal ini lalu disusul dengan rasa panik yang luar biasa dan keinginan untuk menjerit sekeras mungkin. Hal ini juga menyebabkan beberapa orang mengalami penurunan kualitas kecepatan pada tubuh mereka dan perubahan mood yang menjadi sangat tidak menentu.

pura pura kesurupan sebagai trik ide prank ngerjain temen di hari April Mop biar dia panik

Ada beberapa kasus yang tim hantupedia temui. Beberapa mengaku memiliki penyakit fobia hantu ini semenjak mereka melihat penampakan hantu pada suatu waktu. Penampakan hantu yang begitu menyeramkan itu kemudian terekam dan menjadi ingatan buruk bagi mereka.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi phasmafobia tersebut. Hal yang paling penting adalah orang-orang sekitar penderita harus bisa menekankan rasa percaya diri pada penderita. Biasanya nasihat dari orang terdekat akan lebih berpengaruh baik terhadap penderita. Penderita juga harus bisa memahami dan meyakinkan diri sendiri bahwa ketakutan selama ini tidak beralasan.

Cobain juga terapi lanjutan

Kalau cara di atas kurang berhasil, sobat hantupedia bisa melakukan terapi tambahan yang, kalau dilakukan dengan ahlinya, bisa mengurangi phobia dan tingkat ketakutan secara perlahan.  

Metode relaksasi menjadi salah satu contoh metode terapi lanjutan yang bisa dipilih. Terapi ini cukup aman bagi siapa saja. Sobat hantupedia akan diajarkan untuk lebih tenang, dan mengatur pernafasan dengan baik. Terapi ini akan membantu penderita untuk bisa beristirahat atau tidur dengan lebih lelap.

Hypnoterapi juga bisa menjadi pilihan kedua. Terapis akan membantu penderita melupakan hal-hal yang membuatnya merasa takut berlebihan. Meskipun berawal dari alam bawah sadar, terapi ini kerap terbukti berhasil membuat penderita lupa akan masalahnya secara perlahan hingga terbawa ke alam nyata.

***

Nah, jadi kira-kira sedikit ulasan kami mengenai penyakit rasa takut hantu yang berlebihan pada seseorang (bahasa kerennya Phasmophobia). Jadi jangan abaikan perasaan ketakutan yang datang terus-menerus. Kalau sudah mulai akut, sebaiknya coba terapi dan sembuhkan. Soalnya emang agak mistis juga sih punya rasa takut hantu berlebihan kayak gitu. Salam ngeri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here