Mengenal Hantu Jiangshi (Vampir China), Makhluk Campuran Zombie dan Vampir dari Negara Rumpun Bambu

0
1158

Anda tahu siapa makhluk mitologi fenomenal yang dikenal suka menghisap darah dan hanya keluar pada malam hari karena takut pada sinar matahari? Tentu kebanyakan dari sobat hantupedia pasti akan langsung menjawab vampir dengan segudang cerita misteri dan legenda tentangnya. Namun tahukah anda legenda vampir ini ada banyak lho versinya di banyak belahan dunia ini. Contoh salah satu yang cukup familiar dengan kita adalah hantu jiangshi atau yang kita kenal sebagai vampir china yang dulu sering tayang filmnya di televisi.

Mengenal sekilas tentang hantu jiangshi, sang vampir china legendaris!

penampakan vampir cina yang melegenda dengan baju adat tradisional di China dan penuh cerita mistis menyeramkanKalo sobat hantupedia merupakan anak rumahan, tentu beberapa waktu pernah melihat pemutaran film tentang vampir china in beberapa kali di televisi. Dongeng hantu vampir ini sendiri di dataran China lebih dikenal dengan hantu Jiangshi. Seperti yang kita tahu dari banyak film vampir terbaik. Vampir China ini memiliki keunikan tersendiri, yakni bergerak dengan melompat-lompat untuk mencari mangsa. Dan dalam banyak penuturan dia bisa dipelihara dan dijinakkan dengan semacam jimat berwarna kuning dengan ditempelkan di dahi mereka.

Perpaduan antara zombie dan vampir?

Dalam banyak cerita legenda. Vampir sering dikaitkan dengan manusia yang memiliki keabadian karena melakukan praktik ilmu sihir. Namun dia bisa tetap seperti itu dengan meminum darah manusia. Lain cerita dengan hantu Jiangshi atau Vampir china ini. Secara terminologi kata Jiangshi sendiri bermakna keras atau kaku. Dan ini menggambarkan sosok mayat hidup yang sudah menjadi kaku.

Berbeda pula dengan kisah vampir pada umumnya yang menghidap darah guna bertahan hidup. Konon, hantu jiangshi akan memakan qi (esensi kehidupan) dari makhluk hidup yang bisa dari manusia ataupun hewan. Singkatnya, jiangshi adalah mayat hidup atau zombie yang juga merupakan vampir (campuran zombie dan vampir). Whaat? 

hantu jiangshi atau vampir china yang cerita misteri nya menyeramkan dengan penampakan zombie bercampur vampir penghisap darah

Kenapa vampir china melompat-lompat?

Satu pertanyaan yang mungkin bikin penasaran banyak orang adalah cara dia bergerak. Kenapa dia bergerak dengan melompat-lompat sembari kedua tangannya membentang lurus kedepan. Menurut banyak penutur cerita misteri mengatakan bahwa hal ini berkaitan dengan proses rigor mortis (proses sendi dan badan yang menjadi kaku ketika manusia mati).

Emmm… berarti kalo dipikir-pikir pocong lebih jago dalam hal keseimbangan dong ya? kan dia tangannya nggak pake kedepan kayak vampir china?!

Sosok vampir china yang kaku bangkit dari kematian tidak bisa bergerak secara leluasa karena badannya yang kaku karena siklus rigor mortis tersebut. Sama halnya pocong, yang kita tahu juga dikenal bergerak dengan melompat-lompat. Hantu Vampir China ini juga bergerak melompat-lompat dengan tangan kedepan dalam rangka “keseimbangan” dalam bergerak.

asal usul vampir cina dan cerita misteri seram yang menyelimutinya sejak dulu

Asal usul legenda Jiangshi, Vampir China seram

Menurut banyak fakta sejarah yang ditemukan. Banyak peneliti kisah misteri zaman kuno memprediksi bahwa cerita hantu Jiangshi ini berawal pada masa abad ke-18. Cerita misteri melegenda tentang hantu berpakaian khas Dinasti Qing ini bermula dari banyaknya mayat para pekerja yang menghilang ketika dalam perjalanan diantar ke tempat asal mereka. Peristiwa ini terjadi di zaman Dinasti Qing.

hantu china vampir atau jiangshi sudah terkenal sejak abad 18 dengan kisah rigor mortis dan pengantaran mayat pekerja di dinasti Qing

Ada pula yang menyebutkan bahwa sebenarnya cerita seram tentang hilangnya mayat-mayat itu tidak memiliki bukti otentik. Namun, cerita mistis sosok vampir China ini memang berkaitan dengan proses pengantaran jenazah para pekerja waktu itu. Konon, untuk menghormati mereka, jenazah-jenazah tersebut didudukkan kemudian diletakkan pada semacam keranda china.

Keranda itu diangkat dan dibawa diatas bahu orang-orang sembari menyusuri jalan di malam hari. Mereka mengantarkan mayat ini di malam hari karena memang mereka dilarang berjalan di siang hari dengan membawa mayat seperti itu (akan membuat takut para warga sekitar). Nah, mayat yang berada di keranda itu terguncang naik turun ketika dibawa berjalan. Dan hal inilah yang menjadi asal usul cerita hantu jiangshi atau vampir china tersebut.

Cara menangkal hantu vampir Cina ini?

Legenda tentang hantu campuran zombie dan vampir ini kemudian dikisahkan oleh banyak orang tua secara turun temurun dari generasi ke generasi. Dari sinilah banyak kepercayaan masyarakat cina tentang cerita mistis sosok ini mulai muncul pula. Bersamaan dengan cara menangkalnya.

ada banyak cara menangkal hantu vampir cina yakni dengan jimat bagua, iching atau cermin sakti

Beberapa orang percaya bahwa hantu yang merupakan gabungan antara mayat hidup atau zombie dan vampir ini bisa dilemahkan dengan beberapa benda. Kebanyakan jimat cina seperti kayu dari pohon buah persik, tapal keledai, Skrip I Ching, simbol Bagua, cermin dan masih banyak lagi. Oleh karena itu dulu banyak masyarakat di China yang menyimpan benda benda itu sebagai media tolak bala dari hantu jiangshi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here