5 Jenis Burung Perkutut Dan Berbagai Mitos Jawa Yang Menyertainya

Burung adalah salah satu jenis hewan yang mudah untuk dijumpai. Hewan yang satu ini banyak di temui hampir diseluruh daerah di permukaan bumi. Jenis makhluk hidup yang satu ini memiliki sayap, sehingga ia dapat terbang. Di Indonesia sendiri, ada sebanyak 1600an spesies burung yang kemudian membawa Indonesia sebagai negara dengan urutan ke-empat dunia dalam hal banyak-banyakan spesies burung. Dari banyaknya burung di Indonesia inilah yang kemudian menyuburkan kepercayaan masyarakat perihal burung dan hubungannya dengan hal mistis. Dalam dunia gaib, terkadang keberadaan suatu burung dapat menjadi pertanda akan sebuah peristiwa. Hal ini dipercaya oleh masyarakat tanah jawa. Dalam keyakinan penduduk jawa, mereka sangat mempercayai mitos tentang burung perkutut. Oleh karena itu, maka banyak beredar kisah burung perkutut dan mitos jawa.

Burung perkutut adalah salah satu unggas yang hidup di Pulau Jawa. Jenis burung perkutut ini dikenali dengan baik oleh masyarakat jawa. Bahkan dalam cerita mitos jawa, burung perkutut diyakini  memiliki tuah. Hal ini berdasarkan beberapa buku primbon yang mengisahkan bahwa burung perkutut tersebut jelmaan para pangeran di Kerajaan Majapahit. Oleh karena keyakinan tersebut, maka burung perkutut dan mitos jawa dipegang teguh oleh para penduduk jawa zaman dahulu. Bahkan saat ini pun masih ada beberapa orang yang mempercayai mitos burung perkutut ini.

Bila Sobat hantupedia adalah pecinta atau pengkoleksi burung, tentu mendengar cerita tentang serba-serbi burung sungguh menyenangkan. Perlu para sobat pecinta cerita hantu ketahui bahwa burung perkutut ini terdapat beberapa macam. Setiap jenis perkutut memiliki kisah mistisnya sendiri-sendiri. Berikut ini beberapa jenis burung perkutut dan mitos jawa yang menyertainya:

Perkutut Songgo Ratu

perkutut songgo ratu yang dipercaya sebagai jelmaan para raja bali yang mengungsi ke Banyuwangi

Nama burung perkutut dan mitos jawa yang menyertainya yang pertama adalah perkutut songgo ratu. Jenis perkutut yang satu ini memiliki bentuk tubuh berwarna gelap dan memiliki jambul di bagian kepalanya. Hewan yang satu ini dipercayai sebagai reinkarnasi dari pangeran dari kerajaan Bali yang meninggal dunia dalam pelariannya ke Banyuwangi. Dalam kehidupannya, jenis binatang yang satu ini terkenal aneh. Burung perkutut songgo ratu ini lebih suka hidup di tempat yang sepi, seperti kuburan, gua, rumah kosong, dan lainnya sebagainya. Hal inilah yang melatar belakangi lahirnya cerita mistis dari perkutut songgo ratu.

Perkutut Lurah

Perkutut lurah merupakan jenis dari hewan yang dipercayai memiliki tuah oleh penduduk jawa tradisional. Jenis binatang perkutut lurah ini diyakini dapat mendatangkan kewibawaan dan rejeki bagi siapa saja yang memeliharanya. Di alam liar, burung ini tergolong unik. Perkutut lurah ini tidak pernah mencari makanan dalam kesehariannya. Ia mendapat makanan dari burung lain yang menyuapinya. Ciri umum dari jenis perkutut ini yaitu memiliki warna bulu putih di bagian dada dan berwarna loreng di bagian atasnya.

perkutut lurah yang unik

Perkutut Daringan

Sobat hantupedia, daringan adalah sebuah nama dari salah satu burung perkutut. Jenis burung yang satu ini memiliki ciri fisik seperti bulu leher yang bermotif garis-garis tanpa putus. Dalam mitos jawa. Burung perkutut daringan ini dipercaya mampu mendatangkan rejeki yang melimpah oleh penduduk pulau jawa.

perkutut daringan yang dipercaya membawa kekayaan tak terputus tujuh turunan

Perkutut Katurungan/katuranggan

Jenis burung perkutut selanjutnya adalah katurungan. Dalam burung perkutut dan mitos jawa, jenis hewan yang satu diyakini dapat mendatangkan kebahagiaan, kesenangan, dan ketentraman bagi siapa saja yang memeliharanya. Untuk ciri fisiknya, jenis perkutut ini sama dengan perkutut jawa pada umumnya. Yang membedakan keduanya adalah perkutut katurungan ini memiliki suara yang khas dan berbeda dari jenis perkutut jawa lainnya.

Perkutut katuranggan yang dipecaya membawa hoki

Perkutut Putih

Jenis burung perkutut dan mitos jawa yang menyertainya berikutnya yaitu burung perkutut putih. burung perkutut yang satu ini memiliki bulu yang berwarna putih. Konon hewan yang satu ini dahulunya hanya dipelihara oleh para raja majapahit saja. Jenis perkutut putih ini sangat langka, sehingga harganya pun mahal. Perlu sobat hantupedia ketahui. dalam mitos jawa, orang yang memelihara perkutut ini diyakini dapat memperoleh kekayaan selama sang burung masih hidup.

perkutut putih yang konon merupakan peliharaan para raja mataram

Nah kira-kira itu sih beberapa jenis burung perkutut dan mitos yang menyelubunginya. Beragam perkutut diatas dipercaya oleh masyarakat sebagai perkutut pembawa kebaikan. Sebaliknya ada pula beberapa jenis perkutut yang dipercaya membawa kesialan untuk pemiliknya. Pembahasan tersebut akan tim hantupedia sambung dalam artikel sebelumnya. Tetap stay update ya!