4 Cerita Mitos Gerhana Matahari Yang Terkenal

Halo sobat hantupedia, pernahkah agan-agan mendengarkan cerita mitos? Menurut pengertian para ahli, cerita mitos merupakan cerita rakyat mengenai dewa dan makhluk gaib yang berhubungan dengan suatu hal atau kejadian yang dianggap benar-benar terjadi oleh sebagian masyarakat. Akan tetapi, kebenaran sebuah jenis cerita yang satu ini kadang tidak bisa dibuktikan atau terdapat keraguan. Di belahan dunia ini banyak beredar berbagai macam cerita mitos atau mitologi ini. Salah satunya cerita mitos mengenai gerhana matahari.

Penyebab Ilmiah Terjadinya Gerhana Matahari 

Matahari merupakan salah satu bintang yang berukuran besar di galaksi bima sakti ini. Dalam kehidupan manusia, matahari memegang peranan yang sangat penting. Matahari merupakan salah satu hal yang menyebabkan terjadinya kehidupan di muka bumi ini. Akan tetapi, pada saat keadaan tertentu matahari tidak dapat memancarkan sinarnya kebumi secara lancar, hal ini disebabkan cahaya yang menuju ke muka bumi terhalang oleh bulan. Keadaan ini sering disebut dengan nama gerhana matahari. Itulah penjelasan fenomena gerhana matahari secara ilmiah. Namun, banyak masyarakat di belahan bumi lain yang mempercayai bahwa hal ini bukanlah keadaaan alam semata, melainkan merupakan sebuah pertanda tentang suatu hal. Para fanatik astrologi pun banyak yang masih mempercayai hal ini. 

4 Cerita Mitos Gerhana Matahari Yang Terkenal

Berbagai Mitos Tentang Gerhana Matahari

Sobat hantupedia, menurut sebagian orang, terjadinya gerhana matahari disebabkan oleh sebuah hal-hal mistis. Kepercayaan inilah yang menjadi pemicu munculnya cerita mitos tentang terjadinya gerhana matahari. para orang yang mempercayai cerita mitos gerhana matahari ini beranggapan bahwa kejadian ini disebabkan oleh pengaruh mistis. Berikut beberapa mistos tentang terjadinya gerhana di berbagai matahari yang perlu sobat semua ketahui

Mitos Gerhana Matahari Dari Tanah Jawa

Menurut penduduk tanah jawa, cerita mitos gerhana matahari terjadi karena Betara Kala menelan matahari. Hal ini ia lakukan lantaran dendam dengan dewa Matahari. Dalam mitologi penduduk jawa, saat terjadinya gerhana matahari para anak-anak dan ibu hamil di larang keluar dari dalam rumah. Menurut mereka, jika ibu hamil dan anak-anak keluar rumah saat gerhana berlangsung akan menyebabkan sang Betara Kala menjadi marah atau murka. Yang akan berujung pada kutukan kepada anak-anak dan para ibu hamil tersebut.

Cerita Mitos Dari Negara Jepang

Sobat hantupedia pasti sudah tak merasa asing dengan nama negara yang pernah menjajah Indonesia satu ini. Negara tersebut adalah jepang. Jepang merupakan sebuah negara yang terkenal maju di bidang industri. Walaupun merupakan salah satu negara maju di dunia, akan terapi di negara ini masih ada sebagian penduduk yang mempercayai tentang cerita mitos gerhana matahari. Menurut cerita mitos penduduk Jepang, gerhana matahari terjadi lantaran matahari sedang menyebarkan wabah penyakit atau racun di muka bumi. Agar terhindar dari racun tersebut, maka saat terjadi matahari para penduduk Jepang menutup sumur air mereka.

Mitos Gerhana Matahari Dari Mesir

Menurut cerita mitos atau mitologi yang berkembang di Negara Mesir kuno, gerhana matahari terjadi lantaran dewa Ra atau dewa matahari di hadang oleh Apep. Apep merupakan dewa ular yang selalu mengganggu perjalanan dewa Ra di setiap harinya. Jika terjadi gerhana matahari, berarti Apep berhasil menangkap dewa Ra, sehingga menyebabkan bumi menjadi gelap. Akan tetapi, sang dewa matahari selalu dapat meloloskan diri dari tangkapan Apep. Dengan lepasnya Dewa Ra dari tangan Apep si roh jahat, maka matahari kembali memancarkan cahaya ke muka bumi.

Mitos Gerhana Matahari Dari India

lain cerita lagi dalam Kepercayaan mitologi India. Peristiwa terjadinya gerhana matahari disebabkan adanya dua setan yang bernama Ketu dan Rahu yang sedang menelan Matahari. menurut cerita mitos yang beredar di India, saat terjadinya gerhana matahari para wanita yang sedang hamil di larang keluar rumah. Hal ini mereka lakukan agar sang bayi yang dikandung tidak terlahir cacat. Selain hal tersebut, masyarakat India juga menjalankan puasa dan mandi di sungai waktu gerhana matahari berlangsung. Hal ini dilakukan agar mereka terhindar dari efek buruk gerhana matahari.

Mitos beredar di masyarakat soal peristiwa gerhana matahari ini sangatlah beragam dan ada yang mengerikan. Urusan percaya atau tidaknya itu terserah anda sih. Sebenarnya masih banyak sih cerita mitos gerhana matahari di bagian dunia lain. Mungkin tim hantupedia akan bahas hal itu pada kesempatan yang lain. Salam merinding!