4 Bintang Sepakbola Dunia yang Percaya Takhayul

Sepakbola adalah permainan olahraga paling diminati oleh seluruh dunia saat ini. Banyak sekali pemain-pemain sepakbola ternama yang menjadi bintang lapangan hijau. Mereka seakan selalu menunjukkan kelihaiannya mengolah si kulit bundar. Tentu saja mereka hebat karena latihan dan kerja keras. Ada juga beberapa pemain sepakbola yang memang sudah lihai sejak usia dini. Namun, ternyata ada juga beberapa bintang sepakbola yang ternyata percaya dengan takhayul. Memang di zaman modern seperti ini takhayul adalah hal sudah ketinggalan zaman. Mengaitkan takhayul dengan sepakbola sangat sulit dinalar oleh akal sehat. Lalu siapa sajakah mereka?

  1. Bobby Moore

Bobby MoorePenggemar timnas Inggris pasti tak asing dengan pemain bola yang satu ini. Ia adalah legenda timnas Inggris yang menjadi bintang pada era 60 hingga 70 an. Tak ada yang meragukan kemampuannya di atas lapangan. Namun, siapa sangka ia punya kepercayaan unik. Katanya, jika ia ingin tampil bagus, ia harus mengenakan celananya terakhir daripada pemain-pemain lainnya. Selama berkarir sebagai pesepakbola professional, ia sering sekali melakukan ritual aneh tersebut. Namun, takhayul ini sering terbukti ada benarnya karena jika ia melakukan ritual tersebut, ia selalu tampil mengesankan.

  1. John Terry

John TerryJohn Terry adalah legenda hidup Chelsea. Ia bukan hanya dikenal sebagai bek handal namun juga kontroversinya, termasuk kasus perselingkuhan yang melibatkannya dengan kekasih rekannya sendiri di timnas Inggris. Namun, ternyata Terry juga memiliki kebiasaan unik yang mana ia selalu memakai toilet yang sama di markasnya yakni Stamford Bridge. Jika toilet yang biasa ia gunaka sedang diapai, ia akan menunggu dan tidak mau menggunakan toilet lain. Selain itu, ia juga selalu memarkir mobilnya di tempat yang sama. Ini merupakan takhayul yang dipercaya oleh John Terry agar bisa tampil maksimal setiap kali bertanding.

  1. David James

David JamesIa adalah mantan kiper timnas Inggris dan juga Porstmouth. Ia punya beberapa ritual agar gawangnya tak dibobol lawan. Pertama, ia tidak mau berbicara dengan siapapun sejak H-1 hingga kick off pertandingan dimulai. Selain itu, ia juga hanya mau kencing di toilet yang sepi dan tidak ada orang lain di sana, hanya dia seorang. kemudian, kiper timnas Inggris ini juga selalu meludah ke dinding toilet yang ia gunakan tadi. Takhayul-takhayul tersebut ia percaya untuk membuat gawangya aman dari serangan lawan. Meskipun ia juga sering tampil tak maksimal, namun kepercayaan tersebut terus ia lakukan.

  1. Johan Cruyff

Johan CruyffSiapa yang tak kenal Johan Cruyff? Meskipun kini sudah meninggal, namun namanya akan terus dikenang. Ia mendapatkan segalanya baik di timnas Belanda dan Ajax Amsterdam sebagai pemain, maupun di Barcelona sebagi pelatih. Namun, dibalik kehebatannya, ia ternyata punya kepecayaan lucu. Ia dikenal sering mengunyah permen karet sebelum pertandingan dan kemudian membuangnya sebelum pertandingan di mulain ke lapangan lawan. Cruyff pernah lupa melakukan ritual ini hingga akhirnya Ajax Amsterdam kalah telak 4-1 melawan AC Milan.

Itulah beberapa bintang sepakbola ternama di dunia yang ternyatapercaya pada takhayul. Takhayul adalah kepercayaan atau mitos dari orang-orang tertentu. Kita boleh percaya atau tidak. Yang pasti, kita harus tetap bekerja keras untuk mendapatkan hasil maksimal, bukan hanya sekedar percaya pada takhayul.