3 Cerita Mitos Terkenal Di Kabupaten Boyolali

Boyolali adalah suatu daerah yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang bernama Boyolali ini wilayahnya berada di sekitar kaki Gunung Merapi. Daerah yang satu ini terkenal dengan hasil olahan susu sapi yang enak dan berkualitas bagus. Oleh karena hal ini, maka Kabupaten Boyolali mendapat julukan sebagai kota susu. Selain itu, karena wilayahnya berada di lereng Gunung Merapi, maka pemandangan alam salah satu kabupaten di Jawa Tengah sangat indah dan mempesona. Akan tetapi di balik keindahan alamnya ini, di kabupaten yang terkenal dengan susu sapinya tersebut menyimpan cerita mitos di Boyolali yang menyeramkan.

Bagi sobat hantupedia pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan kata mitos? Mitos adalah sebuah cerita yang kebenarannya belum bisa dibuktikan. Kisah tenang cerita mitos ini banyak beredar di daerah-daerah di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satunya adalah cerita mitos di Boyolali. Sebagai daerah yang berada di di wilayah lereng Gunung Merapi, maka Boyolali menyimpan berbagai macam cerita mitos. Berikut ini macam cerita mitos dari daerah Boyolali yang perlu sobat hantupedia ketahui.

Air Asin Di Ngaglik Boyolali

Salah satu cerita mitis terkenal asal Boyolali yang pertama adalah tentang air asin yang berada di daerah Ngaglik. Biasanya, air yang memiliki rasa asin adalah air yang berada di laut atau daerah di sekitar pantai. Akan tetapi, pernyataan di atas tidaklah seratus persen. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya sumber mata air yang rasanya asin. Fenomena alam tersebut terjadi di Desa Ngaglik, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Di daerah Desa Ngaglik ini terdapat sumber mata air yang rasanya asin seperti air laut. Mata air tersebut sudah ada sejak zaman kolonial Belanda menjajah daerah tersebut.

mitos seram sumBeran air asing di Ngaglik Boyolali

Dari penuturan warga sekitar, tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan sumber air tersebut mulai muncul di daerah mereka. Karena tidak ada yang mengetahui kapan air itu muncul pertama kalinya, maka mulailah beredar cerita mitos tentang air asin Desa Ngaglik, konon menurut cerita turun-temurun, dahulunya daerah tersebut akan menjadi lautan karena munculnya sumber mata air ini. Akan tetapi hal tersebut urung terjadi lantaran para walisongo menyumbat aliran air tersebut. setelah aliran air disumbat, maka tiba-tiba muncul sumber mata air asin ini. Cerita mitos di Boyolali tentang air asin Desa Ngaglik, sampai saat ini masih dipercayai kebenarannya oleh warga sekitar.

Mitos Kedung Kayang Sebagai Lokasi Adu Kekuatan

Kedung kayang merupakan sebuah tempat wisata yang berada di wilayah perbatasan antara kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali. Tempat ini termasuk destinasi wisata alami berupa air terjun. Akan tetapi, dibalik keindahan wisata alam ini menyimpan sebuah cerita mitos di Boyolali yang sangat terkenal. Menurut cerita dari warga sekitar, air terjun kedung kayang ini adalah tempat untuk mencari ilmu kesaktian. Konon dahulu terdapat tiga empu sakti yaitu Empu Panggang, Empu Khalik dan Empu Puthut yang mgadu kesaktian dengan cara melempar telur angsa kedalam kedung. Empu tersebut dianggap menang jika telur tidak pecah. Akan tetapi semua telur pecah dan cangkangnya pun lenyap. Karena kejadian ini, maka daerah tersebut dinamai kedung kayang.

wisata air terjun kedung kayang di Boyolali yang terkenal seram dengan mitos adu kekuatan

Mitos Tentang Mbah Petruk

Cerita mitos di Boyolali yang ketiga adalah tentang kepercayaan adanya mbah Petruk. Petruk adalah salah satu toko punakawan dalam cerita pewayangan. Mitos tentang adanya mbah Petruk sebagai penunggu Gunung Merapi ini sangat terkenal di Masyarakat, terutama desa Tlogolele, Selo, Boyolali. Mereka meyakini jika desa Tlogolele dilindungi oleh Mbah Petruk. Biasanya seseorang dari penduduk desa akan mendapat wangsit jika terjadi sesuatu dengan Gunung Merapi yang membahayakan desa mereka.